DAMPAK PEMINDAHAN PERKANTORAN PEMERINTAHAN KOTA PEKANBARU KE KECAMATAN TENAYAN RAYA TERHADAP PERKEMBANGAN KOTA PEKANBARU

Rieskie Ayu Zamora, Bakti Setiawan

Sari


Pemindahan lokasi perkantoran pemerintahan diarahkan ke bagian timur Kota Pekanbaru yaitu dari Kecamatan Sukajadi ke Kecamatan Tenayan Raya yang berjarak ± 15 km. Proses pemindahan ini berlangsung sejak tahun 2014 hingga sekarang. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi kebijakan pemindahan perkantoran pemerintahan Kota Pekanbaru ke Kecamatan Tenayan Raya, dan mengidentifikasi dampak pemindahan perkantoran pemerintahan Kota Pekanbaru ke Kecamatan Tenayan Raya terhadap perkembangan Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian secara induktif kualitatif. Adapun sumber informasi diperoleh melalui proses wawancara mendalam atau indepth interview dengan empat orang informan dari instansi yang berbeda, yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Biro Tata Pemerintahan, dan Walikota Pekanbaru. Teknik analisis data yang diperoleh dari informan tersebut adalah analisis deskriptif  yang diawali dengan menentukan unit-unit informasi yang membentuk tema-tema, konsep-konsep, dan teorisasi. Hasil dari penelitian ini antara lain adalah  pemindahan lokasi perkantoran pemerintahan Kota Pekanbaru ke Kecamatan Tenayan Raya  sebagai perluasan/pengembangan perkantoran pemerintahan yang lama telah berhasil dilakukan. Pemindahan perkantoran pemerintahan ini disebabkan oleh berbagai faktor internal dan faktor eksternal. Proses yang dilakukan bermula dari adanya visi dan misi kepala daerah Kota Pekanbaru Tahun 2012-2017, inventarisasi dokumen perencanaan, penentuan alokasi pendanaan pembangunan perkantoran, menjalin komunikasi dengan stakeholder yang terlibat, menentukan lokasi yang tepat, dimensi waktu, menyediakan sarana dan prasarana, serta mengalihfungsikan gedung perkantoran yang lama. Dampaknya terhadap akselerasi perkembangan Kota Pekanbaru adalah terbentuknya kota baru dengan nama Bandar Raya Tenayan.


Kata Kunci


Pemindahan perkantoran pemerintahan; Kota baru; Kota Pekanbaru

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Diningrat, Rendy Andriyan. 2014. “Ketergantungan Kota Baru Kota Harapan Indah terhadap Kota Jakarta dan Wilayah Sekitarnya”. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, Vol. 25, No. 3, Desember 2014. Institut Teknologi Bandung.

Dunn, William N. 2003. Pengantar Analisis Kebijakan, Edisi Kedua (Terjemahan). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Edward III, George C. 1984. Public Policy Implementing. London-England: Jai Press Inc.

Febrianty, Sri Devi, dkk. 2015. “Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Wilayah Kota Tidore”. Jurnal Spasial: Perencanaan Wilayah dan Kota, Vol. 1, No. 1. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Kumala, Thalita. 2018. “Condotel dengan Pendekatan Green Architecture di Tenayan, Pekanbaru. Skripsi. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2020 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Pekanbaru Tahun 2020-2040.

Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2007 tentang Tata Cara Pembentukan, Penghapusan, dan Penggabungan Daerah.

Rahmat, Pupu Saeful. 2009. “Penelitian Kualitatif”. Jurnal Equilibrium, Vol. 5, No. 9, Januari-Juni 2009: 1-8. Universitas Brawijaya, Malang.

Ramdhani, Abdullah dan Muhammad Ali Ramdhani. 2017. “Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik”. Jurnal Publik, Vol. 11, No. 1, Hal 1-12. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Rukmana, Deden. 2010. “Pemindahan Ibukota Negara”. Buletin Tata Ruang Hal 36-39, Spetember-Oktober 2010. The Indonesia Ministry of Public Works.

Setiawan, Guntur. 2004. Implementasi dalam Birokrasi Pembangunan. Jakarta: Balai Pustaka.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit ALFABETA.

Sujarto, Djoko. 1993. “Perkembangan Kota Baru”. Journal of Regional and City Planning Vol. 4, No. 9. Institut Teknologi Bandung.

Zahnd, Markus. 2006. Perancangan Kota Terpadu. Yogyakarta; PT. Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.36087/jrp.v5i1.113

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexing :

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.