IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOSIAL RESPOSIBILITY (CSR) PERUSAHAAN TAMBANG BATUBARA DI DESA TANI HARAPAN KECAMATAN LOA JANAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Noor Wahyuningsih, Marlon Ivanhoe Aipassa, Enos Paselle

Sari


Setiap perusahaan yang berkaitan dengan sumber daya alam memiliki kewajiban untuk melakukan tanggungjawab sosialnya melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) sesuai dengan UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan PP No. 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas. Salah satunya adalah Perusahaan Swasta Nasional dengan komoditi batubara yang beroperasi di Desa Tani Harapan Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara. Sebagai salah satu desa yang masuk dalam ring 1 wilayah terdampak baik oleh aktvitas pertambangan maupun kebijakan perusahaan yang sangat berpotensi untuk memunculkan konflik maupun permasalahan lingkungan, maka untuk mengatasi berbagai konflik yang ada, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan tanggungjawab sosialnya berupa pemberdayaan masyarakat lokal melalui program CSR perusahaan. Agar tujuan tersebut dapat tercapat, tentunya program CSR yang telah disusun dapat diimplementasikan dengan optimal oleh perusahaan. Untuk itu dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui implementasi Progam CSR perusahaan terhadap masyarakat Desa Tani Harapan. Penelitian ini dilakukan di Desa Tani Harapan Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara dengan jumlah sampel 96 responden dan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif didapatkan melalui kuesioner kepada masyarakat sedangkan data kualitatif didapat melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa secara keseluruhan telah diimplementasikan secara optimal dengan skoring 67,64 dengan persentase sebesar 44.79% responden dimana program kegiatan yang telah direncanakan atau disusun sering dilaksanakan, berkala dan berkesinambungan.  Namun untuk program CSR Bidang Lingkungan masih kurang optimal karena hanya bersifat insidentil atau berdasarkan kebutuhan masyarakat saja.

Kata Kunci


CSR, pemberdayaan, pertambangan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Das, S. P., & Mishra, P. (2015). Ergonomics and Its Impact on Workplace Productivity with Special Reference to Employees of Various Sectors in Mumbai. The International Journal of Business & Management, 3(28).

Desa Tani Harapan. (2022). Laporan Profil Desa Tani Harapan.

Hamid, Hendrawati. (2018). Manajemen Pemberdayaan Masyarakat. Makassar: De La Macca.

Jenkins, H. (2004). Corporate Social Responsibility and the mining industry: Conflicts and constructs. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 11(1), 23-34.

Julianda, Hijriah. (2013). Implementasi Corporate Social Responsibility pada PT. Markuni Internasional Indonesia. Skripsi Universitas Hasanuddin.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. (2013). Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Nomor 3 Tahun 2013 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas serta Program Kemitraan dan Bina Lingkungan. Lembar Daerah Provinsi Kalimantan Tahun 2013 Nomor 3. Samarinda.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. (2013). Cetak Biru (Blue Print) Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Provinsi Kalimantan Timur 2018-2019. Samarinda.

PT. KE. (2022). Laporan pelaksanaan PPM Tahun 2021. Kabupaten Kutai Kartanegara.

Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 106. Jakarta.

Republik Indonesia. (2012). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2012 Tentang Tanggung Jawab Sosial dan Perseroan Terbatas. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 89. Jakarta.

Sari, Enda Kartika. Andi M., dan Alfit A. (2015). Implementasi Program CSR Lingkungan PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 13(1), 45-52.

Situmorang, S. H. (2008). Analisis Data Penelitian. Cetakan Kedua. Medan: USU Press.




DOI: https://doi.org/10.36087/jrp.v6i1.165

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexing :

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.