Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

JRP memuat informasi di bidang pembangunan daerah berupa hasil riset orisinil, artikel ulasan ilmiah, studi kasus yang meliputi bidang:

  1. Pemerintahan
  2. Pemberdayaan Masyarakat
  3. Kependudukan
  4. Ekonomi dan Keuangan Daerah
  5. Pengembangan Wilayah, Fisik dan Prasarana

 

Kebijakan Bagian

COVER

Centang Naskah Terbuka Tidak Dicentang Diindeks Tidak Dicentang Telah di-Peer review

PREFACE

Centang Naskah Terbuka Tidak Dicentang Diindeks Tidak Dicentang Telah di-Peer review

ARTIKEL

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

  • Proses review naskah menggunakan metode double-blind (naskah tanpa nama penulis). Jika naskah yang diterima tidak sesuai dengan kompetensinya, mitra bestari berhak menolak naskah dan merekomendasikannya ke mitra bestari lain yang lebih kompeten.
  • Setiap naskah akan di-review oleh 1 mitra bestari.
  • Proses review naskah dilakukan terhadap aspek kualitas dan substansi naskah yang meliputi kebaharuan, orisinalitas, manfaat ilmiah dan juga validitas dari referensi yang digunakan.

 

Frekuensi Penerbitan

Dua kali dalam setahun : Juni dan Desember

 

Biaya Penerbitan Artikel

Setiap artikel yang diajukan kepada JRP tidak akan dipungut biaya apapun. Hal tersebut termasuk dari proses pengajuan naskah, proses review, proses editing, penerbitan, pengarsipan sampai dengan pemberian akses terhadap versi teks lengkap dari artikel.

 

Etika Publikasi

JRP adalah jurnal yang dikelola secara profesional oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur dengan pertimbangan hak cipta, privasi, dan peraturan publikasi ilmiah. Setiap artikel yang diterbitkan difokuskan pada bidang pembangunan daerah. Artikel ditulis oleh penulis yang kompeten di bidangnya dan sumbernya dari hasil penelitian. Setiap isi artikel berisi unsur-unsur kebaruan, orisinalitas, dan kegunaan. Untuk memperbaiki kualitas jurnal dan profesionalisme penulis, editor, pengulas, dan manajer jurnal, kemudian ditetapkan "Etika Publikasi Ilmiah JRP". Etika Publikasi Ilmiah JRP tersebut menghindari malpraktek dalam menerbitkan jurnal dan pelanggaran hak cipta, seperti duplikasi, fabrikasi, pemalsuan, dan plagiarisme. Etika Publikasi Ilmiah JRP mengacu pada "Peraturan Kepala LIPI Nomor 5 Tahun 2014 tentang Kode Etika Publikasi Ilmiah". Etika Publikasi Ilmiah ini diharapkan bisa diimplementasikan oleh penulis, editor, mitra bestari, dan manajer jurnal.

ETIKA PENULIS

  • Pelaporan; Penulis harus melaporkan proses dan hasil penelitian mereka secara wajar, jelas, tepat, akurat, teliti, dan imparsial serta menyimpan datanya dengan baik. Kejujuran sangat diharapkan dalam menghadirkan data dan informasi yang tercantum dalam konten dan hasil penelitian.
  • Orisinalitas; penulis membuat pernyataan bahwa makalah yang disampaikan ke editor jurnal itu asli (dari gagasan penulis sendiri), tidak pernah disampaikan dan dipublikasikan di media mana pun, dalam bahasa apa pun, dan tidak dalam proses pengiriman ke penerbit lain. Jika terjadi kasus duplikasi publikasi dan penipuan, artikel tersebut harus dihapus dari jurnal ini.
  • Sumber yang jelas; penulis harus menyebutkan dan memastikan bahwa setiap bahan bacaan yang digunakan sebagai kutipan dan bibliografi ditulis dengan jelas dan lengkap. Penulis dilarang mengutip tulisan orang lain tanpa mengutip sumber aslinya.
  • Tanggung jawab; Penulis bertanggung jawab penuh atas data dan tulisan penelitian, baik dari segi metode, analisis, perhitungan, dan rincian. Jika diperlukan verifikasi dari redaksi dan reviewer, penulis bersedia menjawabnya dengan jelas, tepat dan adil.
  • Kesepakatan; penulis memastikan bahwa nama-nama yang tercantum dalam artikel tersebut didasarkan pada kontribusi gagasan dan pemikiran setiap penulis dan telah disetujui oleh seluruh tim penulis. Setiap perubahan, pengurangan atau penambahan nama pengarang, harus disetujui tim penulis. Setiap pihak lain yang memberikan kontribusi penuh (non-substansi) dalam menulis makalah ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait.
  • Ketepatan waktu; penulis merevisi naskah dan mengedit teks tepat waktu demi kedisiplinan dan publikasi jurnal reguler. Jika tidak, penulis siap mengambil konsekuensinya, yaitu keterlambatan penerbitan artikel jurnal.
  • Pengungkapan konflik kepentingan; penulis menjunjung tinggi hak cipta dan privasi satu sama lain untuk menghindari konflik kepentingan. Jika terjadi konflik kepentingan dengan pihak lain, penulis harus menyelesaikannya dengan adil dan bijak

 ETIKA EDITOR

  • Netralitas; editor netral dalam memilih dan menyaring manuskrip. Editor harus objektif dan adil bagi semua penulis yang menyerahkan karya tulis mereka. Editor dilarang bersikap diskriminatif terhadap penulis dalam hal gender, etnisitas, agama, ras, antar kelompok, atau kewarganegaraan.
  • Pelaporan; editor melaporkan pilihan dan ulasan manuskrip secara jelas dan akurat kepada penulis berdasarkan ketepatan, kelengkapan, dan kejelasan pelaporan hasil penelitian dan pengembangannya, termasuk teknik pengeditan dan penggunaan panduan untuk publikasi dan penulisan ulang.
  • Komunikatif; editor berkomunikasi secara efektif dan efisien dalam proses penerbitan jurnal. Setiap saran dan kritik dari penulis, pengulas, dan manajer jurnal harus ditangani dengan jelas, adil dan transparan.
  • Keadilan; editor mendistribusikan manuskrip kepada anggota tim editor dan pemeriksa berdasarkan kompetensi masing-masing.
  • Profesional; editor bekerja secara profesional berdasarkan tugas dan tanggung jawabnya. Editor harus memahami kebijakan yang terkait dengan publikasi jurnal. Editor memastikan bahwa setiap naskah telah mengalami proses editorial dan ditinjau dengan benar, adil, dan obyektif.
  • Tanggung jawab; editor bertanggung jawab penuh atas keberhasilan publikasi jurnal. Editor menjamin bahwa setiap artikel jurnal yang diterbitkan adalah makalah baru dan bukan salinannya, dan memberi manfaat bagi mereka yang membaca dan mengakses jurnal.
  • Pengungkapan konflik kepentingan; editor menjunjung tinggi hak cipta dan privasi satu sama lain untuk menghindari konflik kepentingan. Jika konflik kepentingan muncul dengan pihak lain, editor harus menyelesaikannya dengan adil dan bijaksana.

 ETIKA MITRA BESTARI

  • Netralitas; mitra bestari harus bersifat adil, objektif, tidak bias, independen, dan mengedepankan kebenaran ilmiah. Proses review naskah dilakukan secara profesional tanpa membedakan latar belakang penulis. Mitra bestari dilarang melakukan penelaahan terhadap dokumen yang melibatkan dirinya, baik secara langsung maupun tidak langsung.
  • Profesional; mitra bestari harus kritis dan profesional dalam menilai sebuah makalah (terkait keahliannya), membuka hal-hal baru, mampu menjaga rahasia dari hal-hal yang dinilai, tidak mengambil keuntungan pribadi atas artikel yang dia kaji, serta memiliki keinginan yang kuat untuk memperbaiki karya tulis. Mitra bestari memiliki hak untuk menolak naskah jika tidak sesuai dengan keahliannya. Mitra bestari kemudian bisa merekomendasikan manuskrip kepada mitra bestari lain yang lebih kompeten sesuai dengan bidang publikasi.
  • Jaminan kualitas; mitra bestari berkewajiban membantu editor dalam meningkatkan kualitas kertas yang dia ulas. Mitra bestari menganalisa makalah tentang substansi bukan pada tatabahasa, tanda baca, dan kesalahan ketik. Mitra bestari diharuskan untuk menjunjung tinggi prinsip dasar dan analisis ilmiah dalam proses peninjauan suatu makalah. Mitra bestari bekerja berdasarkan prinsip kebenaran, kebaruan, dan orisinalitas; memprioritaskan manfaat artikel untuk pengembangan sains, teknologi, dan inovasi; serta memahami dampak artikel terhadap perkembangan sains.
  • Ketepatan waktu; mitra bestari meninjau ulang manuskrip dan memberikan respon kepada editor dengan tepat waktu. Jika waktunya tidak cukup, reviewer kemudian menginformasikan editor dengan alasan yang jelas demi disiplin dan keteraturan publikasi jurnal.
  • Pengungkapan konflik kepentingan; mitra bestari menjunjung tinggi hak cipta dan privasi satu sama lain untuk menghindari benturan kepentingan. Jika terjadi benturan kepentingan dengan pihak lain, mitra bestari harus menyelesaikannya dengan adil dan bijak.

ETIKA MANAJEMEN JURNAL

  • Pengambilan keputusan; manajer jurnal harus mendefinisikan visi, misi, dan tujuan organisasi dalam publikasi jurnal berdasarkan rekomendasi dari mitra bestari dan dewan redaksi. Untuk melakukannya, manajer jurnal netral dan bebas dari konflik kepentingan individu atau kelompok, aspek bisnis, aspek etnisitas, agama, ras, dan kelompok.
  • Kebebasan; manajer jurnal memberikan kebebasan kepada mitra bestari dan editor untuk menciptakan harmoni di lingkungan kerja dan saling menghormati satu sama lain guna menjamin dan melindungi hak kekayaan intelektual, terutama yang berkaitan dengan pengelolaan dana yang diterima dari pihak ketiga. Manajer jurnal mendorong editor dan mitra bestari untuk menerapkan etika publikasi termasuk kerahasiaan, perizinan, dan persyaratan khusus dalam penelitian tentang manusia, hewan, dan makhluk hidup lainnya.
  • Tanggung jawab; manajer jurnal bertanggung jawab atas pedoman kebijakan publikasi jurnal, mulai dari nama isu, ruang lingkup ilmiah, gaya penulisan naskah, kolaborasi, perizinan dan aturan publikasi, dan evaluasi publikasi naskah.
  • Promosi; manajer jurnal mempromosikan dan memastikan keberlanjutan publikasi jurnal. Manajer jurnal berhak menentukan dana sesuai dengan kebijakan dan kebutuhan publikasi jurnal. Dalam pengelolaannya, penyandang dana tidak melakukan intervensi dalam hal substansi penerbitan. Sumber dana penelitian dan pengembangan termasuk dalam publikasi tanpa mempengaruhi persepsi pembaca.
  • Pengungkapan konflik kepentingan; manajer jurnal menjunjung tinggi hak cipta dan privasi satu sama lain untuk menghindari konflik kepentingan. Jika terjadi benturan kepentingan dengan pihak lain, manajer jurnal harus menyelesaikannya dengan adil dan bijak.

 Untuk informasi lebih lanjut tentang etika publikasi ilmiah, silakan kunjungi situs Committee On Publication Ethics (COPE).

 

Manajemen Referensi

Setiap artikel yang diajukan ke Jurnal Riset Pembangunan direkomendasikan untuk menggunakan reference managemet software : Mendeley